Gambar GIF
Video Advertisement
Advertisement | Wondr by BNI - Jadiin Maumu.

Basuki Hadimuljono dan Raja Juli Antoni Ditunjuk Sebagai Plt Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN

eterangan Pers Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni, di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Senin, (03/06/2024). (Foto: Humas Setkab/Djay)
\

Info Terkini dari Ranah Publik, Jakarta: Hai Raners! Ada kabar seru banget nih buat kalian yang selalu update soal pemerintahan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Wakil Kepala OIKN. Penunjukan ini diumumkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kantor Presiden, Jakarta, pada Senin (3/6/2024) kemarin. Yuk, simak detailnya!

Presiden Jokowi Tunjuk Plt Kepala Otorita IKN

Jadi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung menunjuk Basuki Hadimuljono dan Raja Juli Antoni untuk posisi penting ini. “Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt. Kepala Otorita IKN dan juga mengangkat Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN sebagai Wakil Otorita IKN,” kata Pratikno yang dikutip dari siaran pers Sekretariat Kabinet (Setkab) Republik Indonesia (RI) oleh Ranah Publik pada Selasa (4/6/2024).

Bye-bye Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe

Raners, tahu nggak? Pada berita sebelumnya, Mensesneg juga mengonfirmasi bahwa Presiden telah menerima surat pengunduran diri dari Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. “Pada hari ini telah terbit Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan juga Bapak Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN disertai ucapan terima kasih atas pengabdian beliau-beliau,” sebut Pratikno.

Fokus Percepatan Pembangunan IKN

Presiden Jokowi berharap penunjukan ini dapat mempercepat pembangunan IKN dengan baik. “Bapak Presiden berharap, tadi beliau-beliau dipanggil, Pak Menteri PUPR dan Pak Wamen ATR/BPN dipanggil oleh Bapak Presiden, agar dalam status sebagai Plt ini segera untuk menjamin percepatan pembangunan IKN dengan sebaik-baiknya, dengan visi semula ya, yaitu tetap konsisten pada rencana Nusa Rimba Raya itu dan tentu saja juga memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar juga,” tambah Mensesneg Pratikno.

Let’s Fix It! Masalah Lahan dan Investasi di IKN

Raners, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa fokus utama dalam menjalankan tugas sebagai Plt Kepala OIKN bersama Raja Juli Antoni adalah menyelesaikan permasalahan lahan dan investasi di IKN. “Jadi, kami berdua akan segera memutuskan status tanah di OIKN ini apakah dijual, disewa, ataukah Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) ya. Kami ingin mempercepat itu, sehingga para investor tidak ragu-ragu lagi untuk melakukan investasinya,” jelas Basuki.

Persiapan Pembentukan Pemdasus IKN

Basuki dan Raja Juli Antoni juga diminta untuk menyiapkan pembentukan pemerintah daerah khusus (pemdasus) IKN. Regulasi terkait pembentukan pemdasus IKN ini telah disiapkan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres). “Pemdasus nanti akan disiapkan tersendiri oleh mungkin satuan tugas (satgas) atau task force bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” tambah Menteri PUPR Basuki.

Gimana nih, Raners? Seru banget kan perkembangan terbaru dari IKN? Jangan lupa untuk terus ikuti berita-berita seru lainnya di Ranah Publik. Follow akun media sosial kita biar nggak ketinggalan update terkini dan tips keren lainnya. Sampai jumpa di berita selanjutnya, keep rocking and stay informed, Raners!

Ad 1
Advertisement | AHM - Honda PCX 160

RK | Foto: Humas Setkab/Djay

Download and Install Android App
Download on Play Store

Note: This application is safe and verified. It is allowed on all Android phones.

Gambar GIF
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x