Gambar GIF
Video Advertisement
Advertisement | Wondr by BNI - Jadiin Maumu.

Upacara Harlah Pancasila di Bogor, Pj Wali Kota Ajak Warga Jaga Nilai-nilai Pancasila

Pancasila
Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Kota Bogor yang dipusatkan di Plaza Balai Kota Bogor, Sabtu (1/6/2024) pagi.
\

Info Terkini dari Ranah Publik, Bogor: Hai Raners! Ada kabar hangat dari Kota Bogor nih! Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari, jadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Kota Bogor yang dipusatkan di Plaza Balai Kota Bogor, Sabtu (1/6/2024) pagi. Tema upacara kali ini adalah ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Emas 2045’. Yuk, kita simak lebih lanjut!

Celebrating Pancasila

Upacara ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dan pimpinan daerah seperti Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, Dandim 0606/Kota Bogor, Kolonel Inf Fikri Ferdian, dan Dandenpom III/Bogor Mayor CPM Aditya Mahdi. Bertindak sebagai komandan upacara adalah Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama pada Badan Kesbangpol, Ronny Kunaefi.

Pidato Inspiratif

Dalam pelaksanaan upacara, Hery Antasari membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi. Hery memulai dengan memaparkan awal mula ketika Soekarno memperkenalkan Pancasila. “Kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK,” katanya.

Tema: Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa

Hery juga menjelaskan bahwa tema tahun ini adalah ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’. “Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” katanya.

Tantangan Global

Hery Antasari juga menyampaikan tentang tantangan global yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi yang pesat. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Pesatnya kemajuan teknologi informasi harus dimanfaatkan untuk menyebarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

A Call for Action

Kepala BPIP mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian, terutama dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Bogor: Miniatur Nusantara

Hery Antasari juga menekankan bahwa Kota Bogor, yang diisi oleh masyarakat dari berbagai suku, agama, dan budaya, mencerminkan Nusantara kecil. “Hari lahir Pancasila ini diharapkan harus lebih bisa meresap, karena kita menghadapi dinamika-dinamika yang lebih bervariasi daripada kota lain,” kata Hery, didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Kota Bogor, Eko Prabowo, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor, Rahmat Hidayat.

Sehingga, lanjut Hery, dalam menghadapi tantangan dan problematika, roda pembangunan dan pemerintahan bisa tetap berjalan lancar.

Menuju Indonesia Emas 2045

Dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, Kota Bogor siap mendukung dan mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari Indonesia Emas. “Dalam rangka 2045 tentu kita saat ini Kota Bogor siap untuk mendukung Indonesia Emas 2045, mudah-mudahan bisa lebih cepat,” katanya.

Nah, Raners, jangan lupa terus pantau perkembangan ini di Ranah Publik. Follow akun media sosial kita biar nggak ketinggalan info terkini dan tips keren lainnya. Keep rocking and stay informed, Raners!

Ad 1
Advertisement | AHM - Honda PCX 160

AF | Foto: Pemkot Bogor/ Ist

Download and Install Android App
Download on Play Store

Note: This application is safe and verified. It is allowed on all Android phones.

Gambar GIF
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x