Gambar GIF
Video Advertisement
Advertisement | Wondr by BNI - Jadiin Maumu.

Menggugah Kuliner Sehat: Otorita IKN Dorong UMKM dalam Hadirkan Pangan Siap Saji Berkualitas

IKN
Foto: Humas Otorita IKN
\

Info Terkini dari Ranah Publik, Kalimantan Timur: Otorita IKN bersama Kemenkes RI memberikan pelatihan penting kepada UMKM di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam menyediakan pangan siap saji.

Halo Raners! Ada kabar seru nih dari Sepaku, Kalimantan Timur. Otorita IKN dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji di BNI KCP Sepaku, sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan masyarakat di IKN.

Menurut Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN, Suwito, UMKM di bidang makanan dan minuman memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan produktivitas masyarakat. Oleh karena itu, pelaku UMKM perlu dibina dan diberi perhatian lebih.

“Makanan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk mencegah penularan penyakit dan meningkatkan produktivitas pekerja,” ujar Suwito, pada Sabtu (11/5/2024).

Pelatihan ini tidak hanya memberikan pengetahuan kepada peserta, tetapi juga memberikan sertifikat yang dapat digunakan untuk registrasi atau perizinan usaha restoran atau makanan siap saji lainnya. Selain itu, bagi pengelola kantin, mereka akan mendapatkan stiker yang menunjukkan bahwa kantin telah memenuhi standar dalam mengelola makanan yang sehat dan bergizi.

Administrator Kesehatan Muda Direktorat Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, Rahpien Yuswani, menekankan pentingnya percepatan pengelolaan pangan agar aman dan sehat di wilayah IKN.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi peserta, karena selain mendapatkan pengetahuan, mereka juga akan mendapatkan sertifikat kesehatan dan kelayakan UMKM,” tambah Rahpien.

Salah satu peserta, Tatiek, mengaku terbantu dengan adanya pelatihan ini. “Saya mendapat banyak ilmu mengenai pengolahan makanan yang baik dan benar, serta aturan dan perizinan dalam usaha saya.”

Pelatihan ini mencakup administrasi UMKM makanan minuman, kesehatan pangan, dan pencegahan penyebaran penyakit, sebagai bentuk peningkatan kapasitas bagi masyarakat IKN, terutama pekerja UMKM makanan dan minuman. Tetap pantengin informasi terbaru dari Ranah Publik untuk berita terkini dan inspiratif lainnya!

Ad 1
Advertisement | AHM - Honda PCX 160

RK | Foto: Humas Otorita IKN

Download and Install Android App
Download on Play Store

Note: This application is safe and verified. It is allowed on all Android phones.

Gambar GIF
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x