Gambar GIF
Video Advertisement
Advertisement | Wondr by BNI - Jadiin Maumu.

Kunjungi BAPAS Makassar: Komite I Menyalurkan Suara Bapas!

Bapas
Kunjungan Komite I DPD RI ke Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas I Makassar. Sabtu (11/5/2024). Foto: Humas DPD RI
\

Info Terkini dari Ranah Publik, Makassar: Raners, informasi menarik datang dari kunjungan Komite I DPD RI ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Makassar.

Jadi, kali ini kita bahas dulu terkait kunjungan ke Bapas yang penuh harap, ya Raners! Komite I DPD RI baru aja mengadakan kunjungan ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Makassar. Ini dia informasi lengkapnya!

Pada Sabtu (11/5/2024), tim Komite I DPD RI, dipimpin oleh Senator Fachrul Razi (Ketua), Senator Prof. Sylviana Murni (Wakil Ketua), dan tuan rumah Senator Ajiep Pandindang dari Sulawesi Selatan, mengunjungi Bapas Makassar. Mereka nggak sendirian, lho! Hadir juga Kepala Bapas Sopiana, pejabat Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Sulsel, serta para pembimbing kemasyarakatan dan stakeholder terkait.

Senator Razi banget nih, ngomongin pentingnya pengawasan lembaga pemasyarakatan. Dia bilang, “Komite I sering banget ngadain pengawasan lembaga pemasyarakatan, lho. Isu-isu kayak over kapasitas Lapas, layanan kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perlindungan warga binaan, dan SDM pembimbing kemasyarakatan, jadi fokus kita!”

Dia juga janji, “Dalam waktu dekat, kita bakal undang Menteri Hukum dan HAM buat bahas masalah lembaga pemasyarakatan ini. Butuh masukan dari Bapas dan Kanwil, nih, biar bisa kita diskusikan bareng Menteri dalam Rapat Kerja bersama Komite I.”

Pak Sopiana, Kepala Bapas Kelas I Makassar, juga ikutan cerita soal kondisi Bapas di wilayah Sulawesi Selatan. Dia kasih tau, Bapas Makassar punya 4713 klien dewasa dan 9 klien anak. Wah, banyak banget, ya!

Kita juga denger permasalahan serius dari perwakilan Kanwil Hukum dan HAM Sulawesi Selatan. Over kapasitas Lapas jadi perhatian serius, dengan 11 ribu warga binaan dan kapasitas hanya untuk 6700 orang. Solusi kayak pembangunan rutan baru di Jeneponto jadi salah satu rencana.

Senator Ajiep Padindang dari Sulawesi Selatan juga ikut ngobrol. Dia khawatir soal jumlah warga binaan narkoba yang nangkring di Lapas. Menurutnya, penanganan narkoba harus dilakukan secara luar biasa.

Respon dari pihak Kanwil Hukum dan HAM Sulawesi Selatan juga nggak kalah menarik. Mereka setuju soal dominasi warga binaan narkoba dan usul untuk memberikan akses finger print terkoneksi dengan disdukcapil buat mencegah residivis kasus narkoba.

Acara ditutup dengan komitmen kuat dari Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi. Dia janji bakal perjuangkan semua masukan dan aspirasi dari kunjungan ini demi perbaikan Bapas ke depan. Seru, kan?

Nah, itu dia informasi seru dari kunjungan ke Bapas Kelas I Makassar. Pantengin terus untuk kabar lebih lanjut, ya, Raners!

Ad 1
Advertisement | AHM - Honda PCX 160

RK | Foto: Humas DPD RI

Download and Install Android App
Download on Play Store

Note: This application is safe and verified. It is allowed on all Android phones.

Gambar GIF
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x